| Indikator |
|
| | - Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
- Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder (Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
|
|
|
| Materi Pembelajaran |
|
| | · Sistem operasi · Pengelolaan file dan folder |
|
|
| Media dan Sumber Pembelajaran |
|
| | Perangkat Komputer Buku Referensi |
|
|
| Kegiatan Pendahuluan |
|
| | - Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
- Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|
|
| Kegiatan Inti |
|
| | Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: - Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: - membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
- Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.
Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: - Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
|
| Kegiatan Penutup |
|
| | Dalam kegiatan penutup, guru: - Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
- Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
|
|
|
| Tindak Lanjut |
|
| | Silahkan isi dengan tindak lanjut pembelajaran (opsional) |
|
|
| Evaluasi |
|
| | Silahkan isi dengan evaluasi pembelajaran (opsional) |
|
|
| Materi Pengayaan |
|
| | Silahkan isi dengan materi pengayaan (opsional) |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar