Jl. Masjid Baitul Muttaqien Silir Kec. Wates Kab. Kediri Jawa Timur

Adab Menyembelih yang Sering Dilupakan: “Berbuat Baik Pada Hewan Sembelihan”

Pernah beberapa kali menjadi panitia penyembelihan hewan qurban. Beberapa kali pula melihat peristiwa yang tak mengenakan hati. Peristiwa yang saya maksudkan di sini ialah, kurangnya adab panitia saat memperlakukan hewan qurban.
Mungkin di antara kita pernah menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban, di mana dalam satu area dekat, hewan dikumpulkan. Ada hewan yang disembelih ada pula hewan yang menunggu antrian.
Lalu pernahkah kita berpikir, sudah beradabkah kita terhadap hewan sembelihan. Bagaimana kiranya seekor hewan qurban yang akan disembelih dan menunggu antrian, di saat itu pula ia melihat rekannya disembelih dan kuliti. Bukankah secara logika kemanusiaan perlakuan macam itu sudah menyalahi. Lebih-lebih apabila ditinjau dari sudut pandang syariat Islam.
Bukankah Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda
‘Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik kepada segala sesuatu. Apabila engkau membunuh, maka hendaklah membunuh dengan cara yang baik, dan jika engkau menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik, dan hendaknya seorang menajamkan pisau dan menenangkan hewan sembelihannya itu.’” Shahih: [Irwaa-ul Ghaliil (no. 2540)], Shahiih Muslim (III/1548, no. 1955), Sunan at-Tirmidzi (II/431, no. 1430), Sunan Abi Dawud (VIII/10, no. 2797), Sunan an-Nasa-i (VII/227), Sunan Ibni Majah (II/1058, no. 3170).
Di dalam hadist yang mulia ini Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam, memerintahkan umatnya berbuat baik terhadap hewan sembelihan.
Faktanya dibanyak tempat yang pernah saya saksikan, kebanyakan panitia mencampur tempat antara hewan yang disembelih dengan hewan yang antre untuk disembelih. Dari sini saja kita telah menyelisihi perintah Rasulullah untuk berbuat baik terhadap hewan sembelihan.
Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang telah dipaparkan di atas dan salah satunya dengan cara membuat pembatas semacam bilik.
Gunanya bilik ini salah satunya agar di antara hewan yang akan disembelih dengan hewan yang telah disembelih tidak saling melihat. Dan dari menerapkan cara ini insya Allah kita telah mengamalkan salah satu perintah Rasulullah yakni untuk berbuat baik terhadap hewan sembelihan.
Mungkin sedikit ini yang dapat dishare untuk sobat kompasianer, mudah-mudahan yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk sobat.
Wallahu’alam bishowwab

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DEWAN GURU

Vidio Paskibra Mifda

Postingan Populer

Label

Recent Posts